.

Minggu, 02 Desember 2012

EI dan Jaringan Internasional


Organisasi Serikat Pekerja di seluruh dunia pada era sebelum tahun 1990-an yang terbilang besar dan memiliki pengaruh secara global antara lain FESE yakni Serikat pekerja guru di negara-negara komunis, WCOTP : World Confederation of the Teaching Profession, IFFTU : International Federation of Free Teachers Union dan WCT : World Confederation of Teachers (Organisasi Guru – guru Kristen). Tahun 1993 WCOTP dan IFFTU menggabungkan diri (merger) dan mendeklarasikan dirinya dengan Education International (EI).

Keanggotaan EI hingga saat ini sekitar 30 juta Orang Guru dan Pekerja Pendidikan dari tingkat Pra-Sekolah sampai Perguruan Tinggi yang tergabung dalam 352 organisasi guru di 171 negara di 5 kawasan di seluruh dunia. Wilayah Kerja EI berada di lima benua yakni
Eropa, berkantor pusat di Brussels, Belgia, Amerika Utara & Karibia di San Jose, Costa Rica, Amerika Latin di Santa Lucia, Afrika di Lome, Togo dan Asia Pasifik berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia.

TUJUAN UTAMA pendirian EI adalah Meningkatkan kualitas pendidikan dan Mempromosikan status & kesejahteraan guru. Sementara Program-program kerja EI antara lain Pembangunan Kapasitas, Penghapusan Pekerja Anak, Pendidikan Untuk Semua, Pemberdayaan Perempuan, Pencegahan HIV/AIDS, Bantuan Kemanusiaan bagi para korban Peperangan dan Bencana Alam dan memberantas Terorisme. Selain Program EI juga Mempromosikan: Perdamaian, Demokrasi, Persamaan Hak, Hak Asasi Manusia, Kesetaraan Gender, Hak Guru, Hak Anak, Anti Diskriminasi, Menghapus Pekerja anak dan Pendidikan Untuk Semua. EI melaksanakan KONFERENSI REGIONAL setiap 3 tahun sekali dengan agenda Pemilihan Pengurus Tingkat Regional dan Menyusun Kebijakan dan Program Kerja.

Di Indonesia Konfederasi Serikat Pekerja yang ada dan diakui legalitasnya di Indonesia KSPSI : Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, KSPI : Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, KSBSI : Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia. Dari ketiga Konfederasi Serikat Pekerja ini, PGRI sejak tahun 2003 berafiliasi dalam KSPI. KSPI sendiri merupakan salah satu Konfederasi Serikat Pekerja yang berafiliasi dengan ICTU yakni : International Trade Union Congress bersama dengan ACTU Australia dan MTUC Malaysia. (AM)
Sumber
http://gemapgrinews.blogspot.com/2009/08/ei-dan-jaringan-internasional.html

0 komentar:

Posting Komentar

RECENT POST

Blogger Widget Get This Widget